Tugas Praktikum Bezier Tool dan Artistic Media Tool

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada modul praktikum kali ini saya buat untuk memenuhi syarat mata kuliah pengolahan gambar. Di dalam mata kuliah ini terdapat materi secara teori dan secara praktikum yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa. Pada modul kali ini kita akan mempelajari tentang bazier tool dan artistic media tool sehingga kita dapat menggunakannya dengan sebaik-baiknya.

1.2 Tujuan

Tujuan mahasiswa mengikuti praktikum Pengolahan Gambar pada Modul  ini adalah :

  1. Mahasiswa mampu memahami fungsi dari bezier tool
  2. Mahasiswa mampu mempraktekkan bezier tool
  3. Mahasiswa mampu memahami fungsi dari artistic media tool
  4. Mahasiswa mampu mempraktekkan artistic media tool

BAB II

DASAR TEORI

2.1 Teori Singkat

Bezier dan Pen tool dapat menggambar garis satu segmen pada satu waktu dengan cara menempatkan setiap node dengan ketepatan dan pengontrolan bentuk dari setiap segmen kurva. Ketika menggunakan Pen Tool, anda dapat melihat segmen garis yang anda gambar.

Anda dapat menggambar garis dengan beberapa segmen dengan menggunakan Bezier tool dan mengkliknya setiap waktu ketika anda ingin mengubah garis.

BAB III

TUGAS PENDAHULUAN

BEZIER TOOL

  • Bezier Tool : Dengan tool ini kita bisa menggambar kurva dengan teknik menggambar per segment (bagian). Tiap segment dihubungkan oleh titik yang disebut node. Kita bisa menggambar sebuah kurva dengan menentukan titik-titik untuk tiap segmennya.

Untuk menggambar sebuah kurva dengan bezier tool ini, kliklah dan tahan tombol kiri mouse pada tool Freehand tool sehingga muncul curve flyout.

Pilih bezier tool. Kursor akan berubah menjadi seperti tanda “+” dengan semacam gambar simpul di bawahnya. Arahkan kursor pada suatu titik dari bidang gambar dimana kita akan memulai menggambar sebuah kurva. Klik kiri mouse pada titik tersebut. Arahkan kursor pada titik lain yang akan menjadi segmen kedua dari kurva, klik kiri mouse dan lepaskan. Titik pertama dan titik kedua akan dihubungkan oleh sebuah garis lurus.

Arahkan kursor pada titik ke tiga, klik kiri mouse, lepaskan. Begitu seterusnya sehingga setiap titik-titik tadi akan saling berhubungan dan membentuk sebuah kurva (bangun) tertentu.

Pada pertemuan kedua ujung kurva yang akan membentuk kurva tertutup (atau ketika kita menambahkan segmen baru pada ujung suatu kurva yang telah ada), kursor akan berubah menjadi seperti tanda panah. Ini menandakan pertemuan dua node menjadi satu atau sebagai tanda bahwa kurva yang kita buat telah membentuk kurva tertutup.

Jika ingin garis yang menghubungkan antara dua titik adalah berupa garis lengkung, maka ketika menempatkan kursor pada satu titik, klik dan tahan tombol kiri mouse sambil menggerakkan mouse ke arah tertentu sehingga muncul dua panah putus-putus saling bertolak belakang. Atur-aturlah gerakan mouse sehingga terbentuk garis lengkung seperti yang kita kehendaki.

Pada mulanya, menggambar kurva terutama garis lengkung dengan bezier tool (ataupun curve tool lain) memang agak membingungkan dan terkesan merepotkan. Tetapi apabila kita telah terlatih dan telah memahami cara kerjanya, tool ini akan sangat memudahkan dalam pengerjaan kita menggambar kurva.

  • Artistic Media Tools

Selain fasilitas untuk menggambar garis-garis lurus dan lengkung biasa, Corel Draw juga menyediakan tool untuk menggambar bentuk-bentuk artistic yang dikenal dengan Artistic Media Tool. Dengan tool ini kita maka garis atau suatu bangun tertentu yang kita buat seolah dilukis dengan kuas tertentu atau hasil dari sprayer dengan pola-pola tertentu, misalnya seperti gambar berikut :

Untuk mengaktifkan tool Artistic Media, cukup klik dan tahan Free Hand Tool yang akan memunculkan curve fly out, kemudian pilihlah Artistic Media Tool.

Atau kalau tidak ingin repot-repot, cukup tekan tombol “I” saja maka Artistic Media tool ini akan segera aktif. Kursor akan berubah menjadi bentuk menyerupai sebuah kuas.

Pada menu bar, pilihlah jenis artistic tool yang akan kita gunakan. Ada pilihan preset, brush, spayer, calligrapic, dan pressure. Misalkan kita pilih Sprayer, maka kita dapat menentukan pilihan nilai-nilai Freehand smoothing dan Size Object to be sprayed, jenis spray-nya pada spraylist file list, Choice of Spray order. Misalkan juga kita menentukan pilihan-pilihan seperti gambar di bawah ini :

Kemudian arahkan kursor (yang berbentuk kuas) kepada bidang gambar yang kita inginkan. Buatlah suatu bentuk sembarang saja dengan artistic tool tersebut, misalnya seperti berikut :

Dengan menggambar pola seperti itu, maka hasil yang kita dapat bisa seperti ini :

Atau ini :

Atau pola-pola lainnya.

Artistic media tools juga bisa kita terapkan pada suatu bentuk bangun yang telah kita buat sebelumnya. Misal kita memiliki sebuah bentuk bangun lingkaran,

Arahkan artistic media tool yang kita tentukan tadi ke sisi luar dari lingkaran dan sekali lagi tentukan pilihan dari spraylist list (misalnya gambar gelembung) . Maka hasilnya adalah :

Silakan lakukan eksplorasi dan eksperimen-eksperimen dengan mengubah-ubah nilai-nilai dan pilihan-pilihan yang ada pada menu bar ketika Artistic tool sedang aktif untuk melihat perbedaan-perbedaan yang terjadi agar kita bisa memahami dengan lebih baik mengenai fasilitas Artistic tool tersebut.

Membuat Brush Stroke atau Spraylist Artistic Media Tools Sendiri

Pilihan-pilihan yang ada pada spraylist file atau brush stroke list yang disediakan Corel Draw memang terbatas dan mungkin tidak ada yang sesuai dengan selera kita. Bisakah kita menambahkannya?

Tentu saja bisa! Kita bahkan bisa membuat sendiri. Caranya adalah :

  1. Buat atau ambil sebuah gambar atau bentuk yang kita sukai. Sebagai contoh di sini saya gambar sebuah hati yang berukuran tinggi 6mm.

2.  Ketika gambar tersebut sedang aktif (dengan mengklik gambar atau membloknya), pada menu bar klik Windows — Dockers – Artistic Media. Akan muncul jendela Artistic Media pada sisi docker di sebelah kanan.

3. Pada bagian bawah jendela Artistic Media itu akan terdapat lambang seperti sebuah floppy disk (disket). Klik lambang tersebut untuk menyimpan gambar hati dan menjadikannya sebagai spraylist atau stroke. Menu berikutnya yang muncul adalah : 4. Pilih Object Sprayer (Untuk membuat brush stroke sebaiknya buat sebuah bentuk yang menyerupai aluran kuas tertentu dengan warna dan pola yang sesuai kehendak kita). Muncul lagi menu saving :

5. Objek sprayer yang kita buat akan disimpan pada folder CustomMediaStrokes program Corel. Pada kolom File name berikan nama untuk objek tersebut, misalnya kita beri nama “heart”.

Sekarang kita telah memiliki satu lagi tambahan Spraylist yang dapat kita gunakan setiap kali kita memakai Artistic Media Tool jenis sprayer.

Sekali lagi, silakan bereksplorasi dan bereksperimen untuk membuat bermacam objek spraylist atau brush stroke. Cobalah dengan mengganti-ganti bentuk ukuran objek yang akan dijadikan spraylist atau brush stroke buatan kita sendiri.

BAB IV

IMPLEMENTASI

Langkah – Langkah Praktikum Bezier Tool

a. Pilih Text Tool, kemudian ketikkan “Nama Depan Anda & NIM”, pilih   Pics Tool, beri 150pt, dan klik Bold pada property bar, beri warna 30% black pada colour

palette à Pilih  Fill Tools klik Fill Color Dialog atau Shift+F11 klik Palettes klik Tint à ketik 30.

b. Pilih Bezier Tool, ikuti alur teks “Nama Depan dan NIM Anda”, dengan cara posisikan titik pertama pada salah satu ujung teks “Nama Depan Anda” kemudian klik 1X

c. Posisikan kembali titik selanjutnya kemudian klik 1X, maka garis akan terbentuk  d. Lakukan hingga garis membentuk huruf “I”

e. Lakukan hal serupa pada huruf selanjutnya pada nama depan anda

f. Beri warna sesuai selera anda.

g. Hasil disimpan dengan file name : no urut absent anda

Langkah-langkah Praktikum Artistic Media Tool

1. Pilih Text Tool, kemudian ketikkan “Nama Depan Anda & NIM”, pilih    Pics Tool, beri 150pt, dan klik Bold pada property bar, beri warna 30% black pada colour palette –> Pilih Fill Tools klik Fill Color Dialog atau Shift+F11 klik  Palettes klik Tint àketik 30

2. Pilih Artistic Media Tool, pilih Preset  Pilih  Preset Stroke List yang pertama pada property bar, kemudian ikuti alur teks  “Nama Depan dan NIM anda” dengan cara posisikan titik pertama pada salah satu ujung teks “Nama Depan dan NIM anda”

3. Klik Drag , kemudian lepaskan tombol mouse, maka akan terbentuk seperti dibawah ini :4.  Posisikan kembali titik selanjutnya kemudian Klik-Drag, lakukan hingga garis membentuk huruf “I”

5. Lakukan hal serupa pada huruf selanjutnya pada Nama dan NIM anda

6. Beri warna sesuai dengan selera anda

7. Hasil dikumpulkan dengan diberi file name : absen masing-masing

BAB V

PENUTUP

5.1     Kesimpulan

kita telah mengenal dan memahami apa fungsi dari bezier tool dan artistic media tool. Dengan mengerti sekaligus memahami tool-tool pada corel draw maka kita akan lebih mudah dalam menjalani dan memanfaatkan corel draw dengan baik.

Posted on April 7, 2011, in tugas praktikum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar